Kabar Fakultas
Home / Berita Kegiatan / Webinar Informatika FT Unimus 2020 – Waspada Cyber di Masa Pandemi Covid-19
webinar informatika ft unimus 2020 tentang cyer crime di masa pandemi covid 19

Webinar Informatika FT Unimus 2020 – Waspada Cyber di Masa Pandemi Covid-19

Fakultas Teknik Unimus – Baru baru ini mengadakan Seminar Nasional atau webiar nasional dengan tema ”Keamanan dan Kenyamanan di Ruang Cyber “ yang di selenggarakan oleh Program Sarjana Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Latar belakang kegiatan ini adalahbahwa di masa Pendemi Covid-19 ini, pembatasan aktivitas secara fisik, membuat segala aktivitas untuk pertemuan masyarakat berpindah dari pertemuan tatap muka ke online atau virtual. Ini menandai (bahwa) kebutuhan virtual dalam berbagai sektor kehidupan memerlukan fasilitasi yang memadai. Ruang-ruang digital, dan virtualisasi kegiatan memerlukan sarana pendukung di bagian cyber yang handal dan memadai dengan meminimalisir sekecil-kecilnya gangguan keamanan cyber.

Ruang Cyber menjadi tempat yang sangat penting dan urgent terlebih di era pandemi ini karena menjadi tumpuan utama untuk berjalannya seluruh sektor aktivitas virtual. Terkhusus juga ruang-ruang cyber untuk memfasilitasi layanan virtualisasi dan online pembelajaran dari pembelajaran tingkat dasar sampai tingkat tinggi. Mengintat hal tersebut keamanan dan kenyamanan ruang-ruang cyber harus diupayakan oleh semua penyedia data-data center.

Tidak kalah pentingnya ruang-ruang cyber pribadi dalam perangkat teknologi informasi yang digunakan. Aplikasi-aplikasi online untuk berbagai kegiatan sangat rentan gangguan keamanan sehingga membuat aktivitas menjadi terganggu dan tidak nyaman.

Maraknya gangguan-gangguan di ruang cyber pribadi terlebih lebih di masa pandemi ini menjadi sangat mengganggu kelancaran kegiatan online yang dilakukan.

Untuk menjawab permasalahan tersebut Program Sarjana Informatika Unimus, Fakultas Teknik Unimus  berkerjasama Asosiasi Profesi Teknik Infornsia (APTI) serta Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) melaksanakan Seminar Online Nasional dengan Topik dan Narasumebr sebagai berikut.

Anton Setiawan, S.Si., MM (Direktur Proteksi Ekonomi Digital Badan Cyber dan Sandi Negara)
menajikan topik: “Membentuk Budaya Keamanan Siber di Tengah Pandemi Covid19“. Bapak Anton Setiawan selaku Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN. =>>Unduh Materi

Buku Tips Singkat dan Praktis dalam Dunia Cyber dari BSSN ==>> Unduh buku

Asdani Kindarto, M.Eng. Ph.D. (Dosen Informatika Fakultas Teknik Unimus), menyajikan topik
Manajemen Risiko Sistem Informasi di Tengah pandemi (studi kasus TIK Kota Semarang)=>> Unduh Materi

Kegiatan ini diselenggarakan secara langsung dalam jaringan (daring) menggunakan aplikasi Zoom dan live Streaming di Youtube.

Sambutan Pembuka disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik Unimus Bapak Dr. RM. Bagus Irawan, S.T, M.Si.IPP. menyampaikan pengantar untuk terus meningkatkan aktivitas dan produktivitas walaupun di masa pandemi ini, terlebih lebih di dalam ranah peningkatkan kompetensi teknik terkhusus teknik informatika sehingga dapat memberikan makna dan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat bangsa dan negara, namun demikian rentannya keamanan di ruang-ruang cyber perlu terus diperhatikan, mengingat kejahatan di dunia maya itu sangat marak dan mudah dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbagai kepentingannya masing-masing. Dengan gayanya yang khas beliau membuka dan menutup pidatonya dengan pantun.

Moderator dalam seminar online ini adalah Bapak Safuan, S.Kom., M.Kom. Dosen Informatika Fakultas Teknik Unimus.

Peserta hadir dari berbagai instansi negeri maupun swasta dari seluruh Indonesia, mahasiswa, umum dan praktisi teknologi informasi.

Bapak Anton menyampaikan pentingnya menjaga keamanan di ruang-ruang cyber pribadi masing-masing. Akun-akun online, sosisal media, dan ruang-ruang online yang digunakan, hal-hal yang penting dan privasi pribadi perlu diperhatikan untuk ditingkatkan keamanannya, memperhatikan Undang Undang Transai Elektronik (UU ITS) No 19 Tahun 2016. Meningkatkan kewaspadaan dan kecermatan terhadap siapapun yang berkomunikasi dengan kita dan perangkat perangkat yang digunakan. BSSN menyediakan buku panduan praktis mekanisme dan penggunanaan internet di ruang-ruang cyber yang aman dan nyaman, sesuai ketentuan dan peraturan hukum yang berlaku, bisa diakses di laman https://bssn.go.id/.

Bapak Asdani menyampaikan bahwa memang keamanan berbanding terbalik dengan kenyamanan, dengan semakin kita tingkatkan keamanan biasanya kita menjadi kurang nyaman dan kerepotan, beliau mencontohkan kita mengamankan di rumah kita sendiri harus menggunakan kunci berlapis, CCVT, yang sebenarnya juga merepotkan kita. Begitu juga di ruang cyber kita masing-masing, kata-kata kunci (password) yang harus benar-benar aman (walaupun kita sering kerepotan karena lupa password), jejak digital (terlebih jika kita menggunakan perangkat di ruang publik, di kantor misalnya), jejak kita bisa saja dilihat dan digunakan orang lain, berbagai link dan situs yang kita akses serta kita sebarkan yang sebenarnya tidak akan pernah bisa di hilangkan, walaupun di aplikasi sudah kita hapus. Oleh karena itu kita hatus benar benar berupaya menjaga keamanan di ruang cyber dimulai dari kita masing masing pada perangkat dan aplikasi yang kita gunakan.

Seminar online ini di siarkan langsung dari Aula Fakultas Teknik Unimus, Kampus III Lantai 3, Jl.Kasipah Semarang. Peserta mengakses dari seluruh wilayah Indonesia. Peserta yang sudah mendaftar untuk hadir dalam Seminar ini dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Bapak Drs. Akhmad Fathurrohman, M.Kom.

Bagi Semua peserta yang hadir dimohon mengisi daftar hadir klik di | Presensi Kehadiran Seminar Online

About wisnu murti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com