Selamat Idul Fitri 138 H Akreditasi Unimus B Selamat Hari Raya idul fitri 1438
Home / Kabar Terkini / Selamat dan Sukses Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Mendapatkan Pendanaan dari Ditjen Dikti

Selamat dan Sukses Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Mendapatkan Pendanaan dari Ditjen Dikti

Semarang | Patut diucapkan `Selamat Sukses bagi mahasiswa yang proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)nya mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun 2014`. Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mendapatkan kepercayaan Dikti Kemdikbud dengan lolos dan didanainya sebanyak 17 proposal PKM dari sebanyak 83 proposal yang berhasil di upload/diajukan ke Sistem Dikti. Sesuai pengumuman yang dikeluarkan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti Nomor: 0263/E5/2013 tanggal 24 Januari 2014. Ke 17 proposal itu terdiri atas semua kategori yang dibuka, yaitu: `PKM Kewirausahaan (PKMK) 11 proposal, PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) 4 proposal, PKM Penelitian (PKMP) 1 Proposal dan PKM Penerapan Teknologi (PKMT) 1 proposal` daftar terlampir.

Program Kreativitas Mahasiswa dari Program Studi Akuntansi dan Pendidikan Kimia Unimus mendominasi program ini yang masing-masing memperoleh pendanaan sebanyak 5 (29,4%) dan 4 (23,5%) poposal, Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 2 (11,7%) proposal, selanjutnya program studi Analis Kesehatan, Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Teknik Mesin, dan Teknologi Pangan masing-masing 1 (5,9%) proposal.

Dosen Pembimbing yang banyak meloloskan poposal mahasiswanya adalah Ibu Dr. Enny Winaryati, M.Pd. (FMIPA/P. Kimia) dan Ibu Andwiani Sinarasri, SE, M.Si (FE/Akuntansi) masing-masing 4 (empat) mahasiswa (23,5%).

Dr. H. Djoko Setyo Hartono, SE, MM, SH, M.Kn selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan juga mengemukakan, ` jumlah proposal tahun ini naik dibandingkan dengan yang lolos tahun 2014 dan diharapkan semua karya mahasiswa Unimus seperti di bawah bisa kembali menjadi finalis di PIMNAS tahun ini`.

Akuntansi: (1) Chandra Dwi Atmaja (PKM-K) : `Ikal Crispy` Iwak Kali Crispy, (2) Erna Suryandari (PKM-K): `Jack O`Latern` Make Sweet You Halloween, (3) Mohammad Ridwan (PKM-K): Si Merah Batu Raden (Manisan Tomat Rasa Coklat Kurma), (4) Ratih Fatmawati (PKM-M): FUN ACCOUNTING EDUCATE `Pelatihan Akuntansi Terhadap Usaha Kecil Menengah`, (5) Sutiyarsih (PKM-K): Cover Pantas`Cover Sepatu Anti Basah`
Pendidikan Kimia: (1) Anisa Nur Khasanah (PKM-K): KERANG HUJAN (Kerajinan Tangan Hasil Usaha Juni, Ari, Nisa), (2) Eni Ambarwati (PKM-K) PELUANG USAHA SAMARA `SAMARA:PLANTS SOUVERNIR BERBASIS SALINGKEMAS` SEBAGAI MEDIA KREATIFITAS MAHASISWA UNIMUS, (3) Muhammad Dinar R (PKM-M): PROGRAM `DuKung TeKat` UNTUK MENGEMBANGKAN LIFE SKILL DAN MINAT WIRAUSAHA ANAK PONPES DAN PANTI ASUHAN YANBAUL QUR`AN AL FIRDAUS KOTA SEMARANG, (4) Nofia Nur Miftianah (PKM-K) BIMSALABIM `Bayangan Inspirasi Melalui Sang Lampion Bintang Malam`,
Pendidikan bahasa Inggris: (1) Eva Anis Shofi`ah (PKM-M): TAKAU (Tanam Bakau) : Perisai Desa Bayuran, dan (2)Herdinatara Febria (PKM-K) `EPC (Excellent Private Course) for The Best Future`.
Analis Kesehatan: Luthfi Ulinuha (PKM-T) SI MANTRI (SISTEM MEJA ANTI PENCURI)
Ilmu Gizi: Reza Kresnandi Darmawan (PKM-K) : You Suka (Yogurt Susu Kedelai Rasa Apel)
Kesehatan Masyarakat : Dayu Yunita Putri (PKM-P): Pemetaan pajanan pestisida dalam air susu ibu
Manajemen : Vera Lusiana (PKM-K) : Boneka Unik Penyelamat Bumi (Boneka Unik Nyemi)
Teknik Mesin: Ahmad Najmul Anam (PKM-M) : Pembasmian Hama Tikus Sawah Dengan Media burung Hantu Jenis Tyto Alba
Teknologi Pangan: Muh Khoirul Rizal (PKM-K): Street Food Oblong (sebagai media kampanye kreatif dan solutif budaya keamanan pangan)
Selanjutkan UNIMUS telah melakukan koordinasi dengan pembimbing dan mahasiswa untuk persiapan pelaksanakan kegiatan PKM guna mempersiapkan Monitoring dan Evaluasi (Monev) internal dan eksternal pada bulan Mei mendatang, sehingga pelaksanaan dan hasil PKM in maksimal dan dapat diimplementasikan dalam masyarakat.

Dengan hasil seleksi itu selanjutnya akan dilakukan kontrak kerja antara mahasiswa dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Program akan dimulai awal Maret tahun ini dan akan dipantau pelaksanaannya tiap 2 (dua) pekan sampai bulan Mei mendatang. Karena itu dalam pengumuman tersebut Direktur DP2M Ditjen Dikti Kemdikbud Agus Subekti meminta para Pimpinan Perguruan Tinggi untuk segera menugasi mahasiswa yang proposalnya lolos seleksi untuk melaksanakan kegiatan sebaik-baiknya.

Selanjutnya hasil PKM terbaik (Finalis) akan dipromosikan pada Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) Tahun ini. Semoga Karya mahasiswa Unimus dapat lolos pada final PIMNAS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com