Selamat Idul Fitri 138 H Akreditasi Unimus B Selamat Hari Raya idul fitri 1438
Home / Kabar Terkini / KULIAH UMUM TEKNIK MESIN

KULIAH UMUM TEKNIK MESIN

KULIAH UMUM TEKNIK MESIN

Program Studi Teknik Mesin (PSTM) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah baru-baru ini menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Peran dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Mesin di Era Globalisasi Industri”. Pada kuliah umum tersebut, PSTM FT Unimus mengundang pembicara utama Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S T, M T. Seorang guru besar dari Universitas Negeri Surakarta (UNS) di bidang material komposit serta reviewer kegiatan PKM DIKTI. Acara tersebut dibuka oleh Wakil I Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang bidang akademik, Dr. Ir. Nurrohman, M.Si. Dalam kuliah umum tersebut disampaikan peluang kerja teknik mesin yang scopenya begitu luas. Seharusnya seorang sarjana teknik mesin tidak menganggur atau minimal berwirausaha, demikian yang diungkapkan Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T, M.T.

Dengan adanya kuliah umum ini, diharapkan mahasiswa akan lebih mampu mengidentifikasi peminatannya sehingga dapat mengambil konsentrasi bidang ilmu di teknik mesin yang sesuai. Demikian yang disampaikan Dekan FT UNIMUS, Drs. H. Samsudi Raharjo, S.T, M.M, M.T seusai acara tersebut. Dia juga mengomentari bahwa mesin tercipta sejak adanya peradaban manusia dan akan terus dibutuhkan oleh manusia sebagai alat bantu kehidupan sampai akhir jaman, sehingga lulusan teknik mesin akan selalu dibutuhkan.

Saat ini PSTM FT UNIMUS memiliki 3 (tiga) konsentrasi bidang ilmu, yaitu ilmu bahan, konversi energi, dan desain dan manufaktur. Untuk lebih meningkatkan kompetensi lulusannya, PSTM FT UNIMUS sejak awal telah mengarahkan mahasiswanya supaya dapat berkonsentrasi pada salah satu bidang ilmu sesuai dengan peminatannya. Misalnya mahasiswa yang memiliki peminatan terhadap ilmu bahan, yang termasuk didalamnya adalah biomaterial, smart memory alloy atau logam cerdas PSTM akan dapat mewadahinya. Bagi yang berminat dengan bidang konversi energi misalnya yang terkait dengan energi terbarukan pengganti BBM, PSTM juga sudah memiliki sumber daya yang baik. Sedangkan bagi yang berminat di bidang robotik, simulasi dan sebagainya, maka bidang desain dan manufaktur di PSTM UNIMUS merupakan pilihan yang tepat. Demikian seperti disampaikan oleh Ketua PSTM Rubijanto Juni Pribadi.

Teknik mesin memiliki scope yang sangat luas dan aplikasi yang menggunakan bidang ilmu ini sangat beragam. Sebagai salah satu cabang ilmu rekayasa yang paling tua di muka bumi, teknik mesin juga disebut sebagai cabang utama dari ilmu rekayasa. Konsep utama dari teknik mesin adalah mekanika, thermodinamika, robotik, kinematik, analisis struktur, mekanika fluida dan sebagainya. Aplikasinya adalah pada desain proses unit-unit produksi, beragam jenis penggerak kendaraan, pesawat, dan beragam mesin industri sampai dengan animatronik dalam industri film sci-fi. Seorang lulusan teknik mesin berkontribusi dalam pengembangan beragam mesin, perangkat pembangkit daya, sistem pemanas dan pendingin, serta sistem mesin lainnya yang sederhana maupun kompleks. Selain itu seorang rekayasawan teknik mesin juga bertanggung jawab atas kondisi operasinya.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, scope teknik mesin berkembang dan mengarah padananotechnology, pengembangan bahan komposit, aplikasi biomedik, sampai dengan konservasi lingkungan yang semuanya melibatkan ilmu gaya dan gerak berdasarkan prinsip-prinsip fisika dan matematika. Maka kompetensi umum seorang sarjana teknik mesin adalah desain dalam ilmu gaya, kerja, pusat kesetimbangan, gesekan dan inersia.[Rubiyanto]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com